Apa perbedaan antara sodium dan garam?

0
38392

Garam secara teknis dapat  berupa senyawa ionik yang dibentuk dengan mereaksikan asam dan basa, sebagian besar mengenal sebagai garam meja, yaitu natrium klorida atau NaCl.Garam mengandung sodium, namun kedua bahan kimia itu tidak sama.

 

Apa itu sodium?

Sodium adalah unsur kimia. Memiliki sifat yang sangat reaktif, sehingga tidak ditemukan bebas di alam. faktanya, natrium sangat penting untuk nutrisi manusia, namun sodium bereaksi  secara spontan (reaktif) dalam air, ,jadi jangan  memakan sodium murni!

Kebutuhan natrium dalam tubuh akan terpenuhi  salah satunya dari konsumsi garam, dimana natrium dan ion klorin dalam NaCl akan terpisah satu sama lainnya.

 

Sodium  dalam tubuh

Sodium dalam tubuh   berfungsi untuk meneruskan impuls saraf dan di setiap sel tubuh diperlukan  . Keseimbangan antara natrium dan ion lainnya  untuk mengatur tekanan pada sel dan juga terkait dengan tekanan darah

 

Berapa jumlah Sodium dalam Garam?

 Jumlah natrium sangat penting dalam reaksi kimia dalam tubuh dan banyaknya  natrium dalam tubuh berkaitan penting dengan kesehatan. Oleh karena itu, banyaknya jumlah  natrium dalam tubuh perlu diatur atau dibatasi

Dalam  mengatur atau membatasi asupan natrium dalam tubuh, hal yang  perlu diketahui bahwa jumlah garam yang dikonsumsi  berhubungan dengan jumlah sodium akan tetapi tidak sama. Hal tersebut karena garam mengandung natrium dan klorin, jadi bila garam terdisosiasi menjadi ionnya, massa dibagi (tidak sama) antara ion natrium dan klorin, karena ion natrium dan ion klorin tidak memiliki bobot yang sama.

 

Contoh Garam dan Perhitungan Sodium

 Sebagai contoh, berikut adalah cara menghitung jumlah sodium dalam 3 gram (g) garam :

Na: 22,99 gram / mol

Cl: 35,45 gram / mol

1 mol NaCl = 23 + 35,5 g = 58,5 gram/ mol

Na =  23 / 58,5 x 100% = 39,3%

 

Kemudian jumlah natrium dalam 3 gram garam = 39,3% x 3 = 1,179 g (atau sekitar 1200 mg).

Cara mudah menghitung jumlah sodium dalam garam adalah 39,3% dari jumlah garam yang berasal dari sodium. maka dari itu untuk mengetahui massa natrium dalam garam yang dikonsumsi dapat dihitung denga   0,393 kali massa garam.

 

Sumber Diet Terbaik Sodium

Umumnya garam merupakan sumber natrium yang diketahui,namun CDC melaporkan 40% sodium makanan berasal dari 10 makanan dan daftar ini mungkin mengejutkan karena banyak dari makanan ini tidak terasa sangat asin:

  • roti
  • daging yang disembuhkan (mis: Dingin, bacon)
  • pizza
  • unggas
  • Sup
  • sandwich
  • keju
  • pasta (biasanya dimasak dengan air asin)
  • hidangan daging
  • makanan ringan

 

 

Sumber : https://www.thoughtco.com/difference-between-sodium-and-salt-608498