Merawat Instrumen Penanganan Cairan Saat Lama Tidak Digunakan

0
1744

Untuk menjaga agar lab Anda tetap beroperasi, penting untuk berinvestasi dalam instrumen penanganan cairan yang berkualitas dan kuat. Instrumen penanganan cairan, otomatis atau lainnya, menuai hasil yang akurat selama percobaan. Instrumen ini membantu melakukan tugas-tugas penting mulai dari penemuan obat, menambahkan enzim ke piring pengujian dan sebagainya. Laboratorium di seluruh dunia, menggunakan instrumen seperti itu hampir setiap hari, bekerja dengan volume reagen terkecil, dan membantu dalam mendeteksi penyakit secara akurat, menyiapkan vaksin mereka, mendeteksi bahan kimia, dll.

Seperti instrumen lab lainnya, instrumen penanganan cairan dapat disimpan untuk waktu yang lama ketika tidak digunakan. Bila tidak digunakan dalam waktu lama, suatu instrumen mungkin menunjukkan kesalahan karena reagen atau endapan debu. Untuk sepenuhnya mengesampingkan kemungkinan itu, berikut adalah beberapa langkah berguna tentang bagaimana Anda dapat mempertahankan, menyimpan, dan memecahkan masalah instrumen penanganan cairan Anda sendiri untuk memastikan kinerja yang efisien dan bebas kesalahan.

  1. Pemeliharaan Produk
  2. Pembersihan

Langkah paling penting untuk perawatan instrumen penanganan cairan yang baik adalah pembersihan. Melewati langkah ini dapat mengakibatkan hasil yang tidak akurat karena deposit residu dan atau adanya kontaminan lainnya. Jadi, bersihkan instrumen Anda dan pada saat yang sama, ingatlah bahwa agen atau alat pembersih yang Anda gunakan tidak meninggalkan residu apa pun; bahkan serat mikroskopis handuk kertas. Jika perlu, Anda dapat membersihkan instrumen secara internal dengan mengalirkannya dua kali dalam air suling, terutama setelah penyimpanan jangka panjang. Tubuh luar kemudian dapat dibersihkan dengan alcohol swab. Adapun pemeliharaan mikropipet, perhatian khusus harus diberikan pada ujung kerucut dan seluruh tubuh eksternal harus dibersihkan dengan pelarut yang mengandung 70% etanol.

  • Pembongkaran & perakitan

Setelah membongkar instrumen untuk pembersihan, penting untuk merakitnya dengan cara yang benar untuk memastikan berfungsinya dengan benar. Anda harus tetap waspada tentang cara membongkar dan merakit mikropipet dan dispenser botol.

  • Kalibrasi

Instrumen ketika disisihkan untuk jangka waktu lama, dapat mengembangkan kesalahan. Ini mengharuskan mereka untuk dikalibrasi secara berkala. Karena instrumen penanganan cairan dikalibrasi menggunakan metode yang berbeda, penting untuk terus memeriksa bagaimana Anda mengkalibrasi instrumen Anda.Praktik lab yang baik adalah untuk mengkalibrasi instrumen Anda secara berkala.

  • Penyimpanan Produk

Penyimpanan instrumen penanganan cairan sama pentingnya dengan membersihkan dan mengkalibrasi mereka. Semua instrumen dan aksesorinya harus disimpan di tempat yang bersih, dingin, dan kering. Tempat penyimpanan harus memiliki suhu mulai dari -20 ° C hingga 50 ° C (dari -4 ° F hingga 120 ° F) dengan kelembaban relatif antara 5% dan 95%. Poin lain yang perlu diingat adalah bahwa instrumen harus disimpan dalam posisi tegak.

Source : https://www.microlit.com/