Perawatan Oven

0
3240

Artikel sebelumnya telah menjelaskan kegunaan dan aplikasi  dari oven. Artikel kali ini  akan membahas  terkait perawatan oven laboratorium , pentingnya perawatan pada  alat-alat  laboratorium termasuk oven adalah   untuk  memastikan alat yang digunakan tidak mudah rusak, dan ketika digunakan dalam kondisi yang baik.

Perawatan  apa saja yang penting untuk dilakukan pada oven, hal paling mendasar dari perawatan adalah kebersihan alat. pastikan alat selalu dalam keadaan bersih dan bebas debu sebelum digunakan, membersihkan bagian dalam  oven  dapat menggunakan  lap lembut dalam air panas / detergen, untuk bagian luar oven bisa menggunakan lap basa,  hindari penggunaan larutan zat abarsif dan mengelap elemen pemanas.

Setelah kondisi oven harus bersih dan bebas debu, susunlah dengan rapih  setiap kali gelas ukur atau alat lainnya masuk ke dalam oven, catat waktu dan temperature, tidak direkomendasikan  mengeringkan pipet ukur karena dapat merubah volume. Adapun untuk proses sterilisasi, pastikan dilapisi/dibungkus dengan kertas sampul atau aluminium voil  untuk menjaga dan melindungi  agar tidak terkontaminasi. Apabila pemanasan diatas suhu 1000C, tidak boleh memasukkan alat/bahan yang terbuat dari karet, plastic atau bahan yang mudah rusak.

Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, gunakan gegep untuk mengambil peralatan dari dalam oven, hindari seringnya membuka pintu oven saat sedang digunakan, hal ini menimbulkan panas dalam oven berkurang dan hentikan pemakaian oven bila terlihat asap pada kabel listrik. Segera cabut steker dari stopkontak.