Bisakah Air Suling Diminum?

0
5821

Distilasi adalah salah satu metode pemurnian air. Apakah air suling aman untuk diminum ataukah sama bagusnya dengan jenis air lainnya? Jawabannya tergantung pada beberapa faktor yang berbeda.

Untuk memahami apakah air suling aman  untuk diminum, mari kita lihat bagaimana air suling dibuat:

Apa itu Air Suling ?

Air suling adalah air yang telah dimurnikan dengan menggunakan teknik  distilasi. Ada beberapa jenis distilasi, tapi semuanya tergantung pada pemisahan komponen campuran berdasarkan titik didihnya yang berbeda.

Singkatnya, air dipanaskan sampai titik didihnya, dan untuk senyawa kimia yang terkandung didalamnya  akan mendidih pada suhu yang lebih rendah kemudian dikumpulkan dan dibuang; Zat yang tertinggal dalam wadah setelah air menguap juga dibuang. Air yang didapat memiliki kemurnian lebih tinggi daripada kondisi  awal.

Bisakah Air Suling Diminum?

Biasanya, jawabannya ya, Anda bisa mengkonsumsi air suling.

Jika air minum itu dimurnikan dengan menggunakan teknik distilasi, air yang dihasilkan lebih bersih dan lebih murni dari sebelumnya maka  Airnya aman untuk diminum namun,kerugian untuk meminum air ini adalah sebagian besar mineral alami di dalam air hilang. Jika mineral ini diinginkan (mis., Kalsium, magnesium, besi), air suling dapat dianggap kualitasnya lebih rendah daripada air mineral atau air lainnya.Di sisi lain, jika kondisi awal air mengandung sejumlah senyawa organik beracun atau logam berat, Anda lebih baik memilih sumber air lainnya.

Umumnya, air suling yang Anda temukan di toko terbuat dari air minum, jadi boleh dikonsumsi. Namun, apabila air suling terbuat dari  sumber lain, mungkin tidak aman untuk diminum. Misalnya, jika Anda mengambil air dari sumber industri yang tidak aman untuk diminum dan kemudian menyulingnya, maka bisa dipastikan air suling masih mengandung cukup kontaminan sehingga tidak aman untuk dikonsumsi manusia.

Situasi lain yang dapat menyebabkan air suling tidak murni yaitu   penggunaan peralatan yang terkontaminasi. Kontaminan dapat bersumber dari  gelas atau tabung yang digunakan pada setiap  proses penyulingan,ataupun adanya bahan kimia yang tidak diinginkan. Permasalahan ini bukan hanya terjadi di industri  pemurniaan air saja, bisa juga terjadi di destilasi rumahan (moonshine destilat). Selain itu memungkinkan adanya bahan kimia yang tak diinginkan dalam wadah yang digunakan untuk penampung air.

https://www.thoughtco.com/can-you-drink-distilled-water-609403

BAGIKAN
Berita sebelumyaHal Penting Sebelum Anda Membeli Mikroskop
Berita berikutnyaMengenal Centrifuge
Maja Bintang Indonesia is managed by professionals with experience since 1997 in trading as well as Laboratory equipment and provide the product and service in Government and Private Company.