Salinitas dalam Makanan Olahan Metode flame photometer

0
894

Natrium klorida adalah bahan yang penting dari  untuk makanan yang diolah, untuk meningkatkan rasa dan umur simpan.

Penambahan NaCl   ke dalam makanan olahan berfungsi untuk menambah cita rasa;  alaminya makanan  mengandung potassium & kalsium  namun bukan sebagai untuk zat adiftif dalam makanan olahan.

Konsentrasi  optimal untuk pengukuran  natrium  berada di range 5 – 20 ppm. oleh karena itu, dilakukan pengenceran pada sampel makanan agar konsentrasi kalium dan kalsium masuk dalam range optimal pada alat.

Tingkat fortifikasi (penambahan) kalsium yang tinggi dapat mengganggu pengukuran natrium ( 10g Ca/ 100 g makanan), dan  kadar kalium yang relative tinggi pun dapat mengganggu pengukuran natrium.

Prosedur
Timbang 10g  sampel dalam bentuk slurry kemudian dicampur dengan air  deionisasi yang melewati penyulingan dua kali sebanyak 40 mL dan disentrifugasi ( 15.000 g,40oC , 10 menit)

Supernatan ( hasil sentrifugasi) dilarutkan dan digunakan untuk analisis.

Larutan yang dihasilkan disimpan dalam botol polyethylene  sebelum di analisis. Perlu diingat botol harus dicuci bersihkan dan  rendam dalam HNO3 5% dan dibilas dua kali menggunakan air yang melewati penyulingan dua kali.

Grafik Standar

Atur Flame fotometer sesuai dengan Kalibrasi MultiPoint / Single Ion tercantum di Manual Instalasi dan Operasi BWB Technologies untuk mengukur emisi potassium. Aspirasikan larutan  standar kerja kemudian sesuaikan kontrol sampai nol dan pembacaan maksimum diperoleh stabil. Aspirasikan larutan  standar kerja konsentrasi intermediet kemudian membuat grafik dari data emisi mentah (dikenal dengan RAW di BWB the flame photometer) terhadap konsentrasi larutan standar.

Sumber : https://www.bwbtech.com/salinityinprocessedfoods

BAGIKAN
Berita sebelumyaLEMARI ASAM
Berita berikutnyaSeberapa Penting Mikropipet di Laboratorium
Maja Bintang Indonesia is managed by professionals with experience since 1997 in trading as well as Laboratory equipment and provide the product and service in Government and Private Company.