PERAWATAN MIKROPIPET

0
4137

Pada artikel kali ini,akan dibahas terkait perawatan mikropipet, perawatan  merupakan hal penting  setelah pemakaian mikropipet agar mikropipet yang digunakan tidak mudah rusak dan tahan lama.

Perawatan mikropipet yang paling mendasar yang perlu dilakukan adalah selalu  membersihkan mikropipet sebelum dan sesudah pemakaian, hal ini dilakukan agar mikropipet  dalam kondisi bersih bebas dari kontaminan, Selain membersihkan, mensterilkan komponen mikropipet bagian hal yang perting hal ini dapat dilakukan menggunakan autoclave dan hindari penggunaan mikropipet tanpa menggunakan  tips.

Beberapa yang perlu  perhatikan dalam menggunakan mikropipet yaitu ,  setiap sampel harus menggunakan tips yang berbeda, Dalam Pemasangan tips hindari menekan terlalu keras dan terlalu lemah, letakan mikropipet pada tempat yang aman dan hindari meletakan mikropipet  dalam wadah yang berisi larutan, hal ini  larutan dapat  masuk ke pipet dan menyebabkan kontaminasi.

Selain itu, kalibrasi merupakan salah satu  rangkaian perawatan yang perlu dilakukan, kalibrasi dilakukan minimal satu tahun sekali, tujuan dari mengkalibrasi mikropipet  untuk mengetahui nilai  ketepatan dan penyimpangan yang akan menjamin  akurasi dan presisi dari mikropipet.  Perlu diketahui dalam melakukan kalibrasi mikropipet harus menggunakan aquabidest.

BAGIKAN
Berita sebelumyaSeberapa Penting Mikropipet di Laboratorium
Berita berikutnyaMengatasi Masalah pada Syringe GC
Maja Bintang Indonesia is managed by professionals with experience since 1997 in trading as well as Laboratory equipment and provide the product and service in Government and Private Company.