Mengatasi Masalah pada Syringe GC

0
3191

Syringe Gas Cromatographi adalah aksesoris yang sangat diperlukan untuk instrument GC . Perawatan syringe yang  tepat dapat meminimalisir terjadinya masalah pada syringe, berikut beberapa masalah yang umum yang sering terjadi pada syringe :

  • Penyumbatan jarum suntik (penyumbatan syiringe)
  • Jarum membungkuk atau rusak dan plunge (needles dan plungers rusak)
  • Pembentukan gelembung (adanya gelembung)

Penyumbatan syringe

Penyumbatan pada syringe adalah masalah yang biasa terjadi, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya penyumbatan syringe:

  1. Hindari menggunakan tekanan yang  terlalu  besar pada plunger yang dapat mengakibatkan plunger atau barrel syringe rusak.
  2. Lepaskan needle dan rendam dalam aquabidest atau pelarut yang sesuai seperti methanol, diklorometana/ asetonitril selama 5-10 menit. Jika needle tidak dilepas, maka celupkan needle ke dalam tabung/ beaker ( jangan rendam semua bagian syringe)
  3. Bersihkan dan bilas syringe menggunakan pelarut 5-10 kali untuk menghindari adanya penyumbatan pada syringe.
  4. Suspensi padat dalam sampel/residu septa juga dapat menyebabkan penyumbatan, hal ini dapat diatasi dengan syringe dibilas menggunakan pelarut dengan cara menarik plunger dan mendorong plunger kembali ( flusing). Perlu diperhatikan, hindari menarik dan mendorong plunger dengan tekanan tinggi.

Jika cara tersebut tidak berhasil, berikut beberapa option yang dapat dilakukan:

 

  • Gunakan kawat untuk  membersihkan needle
  • Atau Sonikasi needle  dalam pelarut yang sesuai
  • Atau menggunakan aksesoris cleaner syringe untuk menghilangkan suspensi padatan.

 

  1. Pelumasan piston syringe tidak dianjurkan karena dapat menimbulkan kontaminasi

Needle dan plunger  rusak / bengkok

Jika syringe atau plunger bengkok dapat diperbaiki dengan meluruskan kembali dengan lembut, namun jika sulit maka solusi terbaik adalah menggantinya. Hal ini  berlaku jika ada kerusakan, oleh karena itu disarankan mempunyai stok untuk mempermudah penggantian.

Pembentukan Bubble

Udara  yang ditarik ke dalam syringe dapat membentuk gelembung- gelembung kecil di dinding barrel. Hal ini dapat diatasi dengan  mengetuk gelembung dari luar dengan posisi syringe terbalik, gelembung akan naik ke atas dan udara dikeluarkan sebelum syringe diinjeksikan.

Masalah  yang umum terjadi pada syringe dapat diatasi dengan saran yang sudah dipaparkan. Namun untuk mencegah masalah pada syringe dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan setelah digunakan dan  melakukan perawatan yang tepat.

 

Sumber : http://lab-training.com/2016/12/21/troubleshooting-tips-gas-chromatographic-syringe/

Gambar : http://www.sge.com/products/syringes

BAGIKAN
Berita sebelumyaPERAWATAN MIKROPIPET
Berita berikutnyaDestilasi Vs Deionisasi
Maja Bintang Indonesia is managed by professionals with experience since 1997 in trading as well as Laboratory equipment and provide the product and service in Government and Private Company.