Penyimpanan dan Penanganan Larutan Standar Laboratorium

0
8684
ID:236996431

Larutan Standar laboratorium memainkan peran penting dalam analisis validasi. Tidak mungkin dalam penentuan kualitatif atau kuantitaf tidak menggunakan  larutan standar dalam pengembangan metode dan validasi.
Ketelusuran material standar ke sumber awal merupakan prasyarat penting untuk penggunaan material standar, jika tidak, akurasi hasil dapat  dipertanyakan. Karena alasan inilah standar material sangat mahal dan tidak dapat digunakan setiap kali penentuan analisis dilakukan. Oleh karena itu agar memudahkan ketelusuran gunakan material standar yang bersertifikat untuk analisis rutin.

Vial dan Botol Standar

Penyimpanan

Material standar perlu dijaga dalam kondisi tertentu karena dapat terdegradasi  dan karakteristik yang lain dapat berubah selama periode penyimpanan, sekalipun dalam kondisi penyimpanan ideal dengan stabilitasnya terbatas. berikut  beberapa hal penting yang perlu diperhatikan :

Suhu
Material standar harus dalam keadaan disegel dan disimpan dengan benar dalam suhu penyimpan yang disarankan dan wadah penyimpanan harus  bersifat inert.

Kelembaban
Mengontrol kelembaban merupaka hal penting dalam penyimpanan. Kelembaban yang tinggi akan menyebabkan degradasi material lebih cepat. Oleh karena itu, penggunaan vial untuk menyimpan standar harus disegel dan disimpan dengan benar yang kelembabanya sesuai  atau dalam desikator.

Cahaya

Beberapa material sensitive terhadap cahaya  dan membutuhkan perlindungan dari paparan  cahaya. Oleh karena itu material tersebut  harus disimpan dalam botol ember   atau botol yang dilapisis aluminium foil. Paparan cahaya terhadap material tersebut harus diminimalkan juga selama penimbangan dll.

Penanganan standar

Persyaratan  pertama dan terpenting  adalah penanganan terhadap tumpahan dan pecah dapat menyebabkan kerugian besar dan penurunan dalam jumlah sampel laboratorium. vial  vial yang digunakan  berukuran kecil maka harus ditangani dengan hati hati untuk mencegah  kecelakaan kerja.

Transfer material

Dalam mentrasfer material  standar  harus menggunakan micropipate dengan tips sekali pakai. Hindari mengambil aliquots dengan pipet drop karena dapat menyebabkan kontaminasi.  Demikian  pula  ketika menimbang material padatan, tidak boleh mengembalikan serbuk material padatan ke dalam wadahnya kembali jika berlebih karena dapat menyababkan kontaminasi. Pastikan wadah tertutup kembali agar mencegah  terjadinya oksidasi selama penyimpanan.

Menggunakan spatula bersih

Selalu gunakan spatula bersih untuk mengambil bahan standar  dari vial dan gunakan sarung tangan ketika menangani standar.