Mengapa pemantauan Suhu dan Kelembaban Sangat penting di Laboratorium?

0
7639

Selain lingkungan bebas debu, suhu dan kelembaban adalah parameter penting yang perlu dikontrol di laboratorium hal ini berkontribusi pada reproduktifitas hasil analisis.

beberapa hal yang dipengaruhi oleh perubahan suhu dan kelembaban :

  • Kalibrasi dan pengoperasian instrumen
  • Kalibrasi alat volumetrik
  • Penyimpanan bahan standar
  • Studi stabilitas
  • Studi pertumbuhan mikroba
  • Studi Reaksi Kinetika

Kalibrasi dan pengoperasian instrumen

setiap instrument selalu menyertakan rentang suhu dan kelembaban yang optimal untuk operasi intrument.  ada beberapa instrumen tertentu sensitive terhadap perubahan suhu dan kelembaban, perubahan ini dapat mempengaruhi instrument bagian optic, elektronik dan komponen mekanisme, selain itu dapat mempengaruhi hasil yang non reprodutifitas pada analisis rutin dan kalibrasi.

Kalibrasi Gelas Volumetrik

alasan yang sama pada kalibrasi gelas volumetrik, perubahan suhu dan kelembaban dapat menyebabkan hasil yang signifikan,hal ini dikarenakan bahan gelas /kaca memiliki koefisien ekspansi termal yang rendah namun volume medium cair dapat berubah secara signifikan per  derajat  perubahan suhu celcius.

Wadah penyimpanan larutan/powder standar.

Serbuk/powder/larutan standar merupakan material penting dalam kalibrasi, diperlukan penanganan awal dengan penyimpanan yang sesuai. . Sertifikat kalibrasi pada material standar tidak dapat dijamin jika adanya  Perubahan kelembaban selama penyimpanan  diluar batas toleransi, karena  dapat menyebabkan korosi atau kerusakan material standar.

Studi Stabilitas

kondisi suhu dan kelembaban penyimpanan  juga berpangaruh pada umur simpan obat-obatan dan produk makan.

Pertumbuhan Mikroba

hal itu juga mempengaruhi pertumbuhan mikroba pada makanan atau obat obatan dimana penyimpanan  memerlukan perlakukan dibawah suhu inkubasi dan kelembaban yang terkontrol selama waktu yang ditentukan.

Studi Kinetika Reaksi
kecepatan reaksi kimia dan enzim pada proses biokimia sangatlah dipengaruhi oleh perubahan suhu . oleh karena itu perlu pengontrolan suhu agar proses biokimia yang diinginkan berhasil/sesuai.

 Bagaimana cara mengontrol  suhu dan kelembaban?

Pengontrolan suhu dan kelembaban dilakukan dengan merekam terus menerus atau setidaknya dua kali sehari pada awal dan akhir hari dengan  menggunakan termometer dan hygrometer yang dikalibrasi.

Sumber : http://lab-training.com/2015/02/05/temperature-humidity-monitoring-critical-laboratory/