Oven

0
1655

OVEN

Oven adalah alat pemanas tertutup yang dapat diatur suhunya. prinsip kerja oven adalah perubahan energi listrik menjadi  energi panas.  Perkembangan jenis oven sangat cepat yang mana memudahkan penggunaan oven dengan pengaturan timer (waktu nyala).

Aplikasi oven biasanya  digunakan untuk mengeringkan peralatan gelas laboratorium, zat-zat kimia maupun pelarut organik. Dapat pula digunakan untuk mengukur kadar air. Tidak semua alat gelas dapat dikeringkan didalam oven, hanya alat gelas dengan spesifikasi tertentu saja yang dapat dikeringkan, yaitu alat gelas dengan ketelitian rendah. Oven juga merupakan alat sterilisasi menggunakan udara kering bertemperatur tinggi. Oven termasuk alat sterilisasi secara fisik karena menggunakan suhu dan tekanan.

Alat-alat gelas yang disterilkan menggunakan oven biasanya seperti cawan petri, tabung reaksi, dll.  Dimana sterilisasi kering dengan oven dilakukan dengan cara memanaskan dengan suhu 180oC selama 1 jam. Adapun  fungsi oven untuk penentuan kadar air pada sampel tertentu, dilakukan dengan cara memanaskan pada suhu 105oC.

Sumber : http://www.ovan.es/en/products/oven/ovenvan-n

BAGIKAN
Berita sebelumyaInkubator
Berita berikutnyaConductivitymeter
Maja Bintang Indonesia is managed by professionals with experience since 1997 in trading as well as Laboratory equipment and provide the product and service in Government and Private Company.