Pengukuran lithium dalam mineral

0
785

Metode ini telah disesuaikan untuk  pengukuran litium pada rentang konsentrasi yang luas (0,10 sampai> 8,0%), dalam sampel  yang mengandung lithium.

​Sampel didekomposisi terlebih dahulu dengan penambahan campuran asam nitrat, hidrofluorat dan perchloric. Efek ion pengganggu (terutama besi, krom dan aluminium) dihilangkan dengan menambahkan larutan buffer sistrat (asam sitrat-ammonium sitrat)  kisaran  pH  1-4 .

Prosedur
Semua larutan disiapkan dengan menggunakan air suling deionisasi.

Larutan buffer

Pembuatan  larutan buffer dilakukan dengan penambahan Larutan  asam sitrat 1 M dan amonium sitrat 1 M  hingga mencapai  pH 3,7. Kemudian  Larutan buffer  dididihkan selama 30 menit dan disimpan dalam lemari pendingin untuk memperpanjang waktu simpan dan menghambat pertumbuhan mikroba.

Larutan Standar

Konsentrasi Larutan standar  dibuat berkisar 0,5-50 ppm atau sesuai dengan konsentrasi sampel.  Larutan standar induk ditambahkan ke dalam labu takar 250 ml,  tambahkan 25 mL larutan buffer sitrat dan kemudian larutkan hingga tanda tera.

Preparasi sampel

Sampel yang mengandung  oksida lithium sekitar 10-20mg didekomposisi menggunakan wadah platinum, kemudian tambahkan 10 mL asam nitrat pekat, 10 mL asam hidrofluorat 48%, 5 mL asam perklorat 62%, kemudian diuapkan  pada suhu rendah sampai mengguap. Lakukan di ruang asam, setelah menguap sempurna , angkat dan wadah sampel didinginkan.

Tambahkan aliquot 5mL asam hidrofluorat  ke residu dan diamkan kurang lebih 30 menit dan kemudian diuapkan sampai mengering, lakukan dua kali/ lebih atau sampai silika nampak mudah menguap. Setelah penguapan keempat, sampel dibiarkan menguap sampai hampir kering, tanpa panas.

Asam perchloric yang tertinggal dalam residu dapat dihilangkan dengan cara dibilas oleh air.

Setelah larutan dingin, tambahkan  30- 40ml air deionisasi  secara perlahan dan  panaskan hingga residu larut sempurna. Larutan dibiarkan dingin kemudian masukan ke dalam labu takar 250 mL dan tambahan larutan buffer sitrat sebanyak 25 mL, dan larutkan hingga tanda tera. Larutan yang disiapkan diukur dengan kondisi yang sama dengan solusi standar.

* Asam hidrofluorat sangat korosif dan termasuk racun kontak.maka lakukan  dengan hati-hati dan dilakukan oleh personil yang terlatih dengan prosedur keselamatan yang sesuai.

Sumber : http://www.bwbtech.com/lowconcentrationsofsodiumincem