Apa itu Guard Coloum ? seberapa penting penggunaan Guard Coloum HPLC ?

0
3780

Guard Coloum/ Kolom penjaga adalah kolom pelindung atau catridge  yang terpasang di antara injektor dan kolom analisis. Ini berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan padatan tersuspensi masuk ke kolom analisis. Biasanya memiliki panjang sekitar 2 cm dan diameter dalam 4,6 mm. Guard coloum  dikemas dengan partikel poliseluler berukuran sekitar 40 μm.  Kolom penjaga idealnya dikemas dengan bahan kemasan yang sama seperti kolom analisis, oleh karena itu pemilihan guard coloum direkomendasikan menggunakan guard coloum yang berisi bahan kemasan yang sama dengan kolom analisis, hal ini dikarenakan untuk mendapatkan  perlindungan yang maksimal .

 

Mengapa Penting menggunakan  guard kolom  HPLC ?

Pengoperasian sistem HPLC yang efisien bergantung pada kebebasan fase gerak dan sampel kotoran kimia atau suspensi padat. kromatografi kolom HPLC akan  mulai menurun karena  adanya  akumulasi kotoran dan suspensi secara bertahap. Oleh karena itu kolom HPLC merupakan komponen penting dari sistem HPLC yang memerlukan penanganan dan perlindungan yang khusus.

Penggunaan guard coloum membantu  Agar  kolom HPLC tetap dalam kinerja  yang menghasilkan keakuratan  dan konsistensi hasil yang diinginkan,  dimana guard coloum  akan menghilangkan kotoran dan padatan tersuspensi  sebelum masuk ke dalam kolom.   Oleh karena itu guard coloum membantu meminimalisir biaya dalam penanganan kolom agar tidak cepat diganti yang membutuhkan pengeluarkan yang mahal pada setiap penggantian.

Sumber : http://lab-training.com/2014/07/29/guard-columns-benefits/

Gambar :  http://www.sge.com/products/protecol-lc-columns/protecol-guard-columns

BAGIKAN
Berita sebelumyaPengukuran lithium dalam mineral
Berita berikutnyaCedera yang Paling Umum di Laboratorium Kimia
Maja Bintang Indonesia is managed by professionals with experience since 1997 in trading as well as Laboratory equipment and provide the product and service in Government and Private Company.