Cedera yang Paling Umum di Laboratorium Kimia

0
3071

Ada banyak bahaya  yang dapat terjadi laboratorium kimia. Jika anda memiliki bahan kimia, barang pecah, dan api terbuka maka kecelakaan pasti akan terjadi. kecelakaan tidak harus menimbulkan luka. Cedera yang paling umum dapat dicegah dengan meminimalkan kecelakaan dengan berhati-hati, mengenakan perlengkapan keselamatan yang tepat, dan mengetahui apa yang harus dilakukan jika terjadi keadaan darurat.

OSHA (Occupational Safety and Health Administration) memiliki daftar cedera yang dilaporkan, namun sebagian besar orang terluka, itu bukan sesuatu yang mereka akui atau bukan peristiwa yang mengancam jiwa.

Apa risiko yang paling umum yang dapat terjadi?

Cedera mata

Keselamatan Mata akan  berisiko di laboratorium jika Anda biasanya memakai kontak lens. Oleh karena itu anda harus memakai goggles untuk mengurangi paparan bahan kimia dan panas. Pentingnya  penggunaan goggles adalah untuk melindungi mata dari percikan kimia dan pecahan kaca.  Seseorang yang menderita luka mata, mungkin dikarenakan  mereka mengabaikan atau tidak memperhatikan pentingnya penggunaan goggles, atau mereka tidak tahu bagaimana menggunakan goggles dengan benar.Dari sekian cedera yang umum terjadi di lab, cedera mata merupakan hal yang serius.  Pecahan peralatan gelas                Cedera paling umum  yang lainnya adalah luka yang  diakibatkan pecahan peralatan gelas. Anda dapat melukai tangan sendiri jika mencoba memaksakan untuk membersihkan pecahan peralatan gelas. Cara terbaik untuk mencegah cedera adalah dengan memakai sarung tangan, namun demikian, hanya sedikit orang yang memakai sarung tangan sepanjang waktu. Mungkin saat mengenakan sarung tangan, Anda kehilangan kecekatan bekerja dibandingkan tidak menggunakan sarung tangan.

 

 

Iritasi  dari bahan Kimia atau Luka bakar              

Bukan hanya kulit di tangan  yang berisiko terkena zat kimia.Namun, Anda bisa menghirup uap korosif atau reaktif dan jika Anda terlalu berani,Anda bisa menelan bahan kimia berbahaya dengan menelan cairan dari pipet atau (lebih umum lagi) tidak membersihkan dengan cukup baik setelah lab dan mengkontaminasi makanan Anda dengan bekas bahan kimia di tangan atau pakaian Anda. Penggunaan Goggles dan sarung tangan dapat melindungi tangan dan wajah, Jas lab melindungi pakaian Anda dan jangan lupa menggunakan sepatu tertutup untuk melindungi kaki dari tumpahan bahan kimia.

Cedera luka oleh Panas

Penggunaan hot plate atau nyala api terbuka di lab, dapat berpotensi terjadinya kecelakaan (terbakar/ luka bakar)oleh panas,  bisa dengan tanpa sengaja mengambil gelas panas, atau membakar diri Anda dengan terlalu dekat dengan hot plate, oleh karena itu bekerjalah dengan hati hati  dan upayakan mengenakan perlengkapan keselamatan yang tepat.Selain itu, cedera luka oleh panas sering terjadi jika seseorang tidak berhati hati dengan panjang rambutnya yang dapat terbakar jika menggunakan Bunsen secara tidak hati hati.

https://www.thoughtco.com/most-common-injuries-in-chemistry-lab-608153