Perawatan pH meter

0
9000

PH meter adalah alat yang berguna untuk mengetahui keasaman atau basa. Biasanya alat ini dipakai untuk mengukur air, tanah serta suhu. Banyak sekali jenis dari alat PH meter. Setiap jenis mempunyai fungsi yang berbeda. Mesti dilakukan perawatan serta di jaga dengan sebaik mungkin supaya tetap awet serta tak mudah rusak.

Apa saja yang harus diperhatikan yang barkaitan dengan elektroda pH meter tersebut?

  1. Kalibrasi Berkala

Lakukan kalibrasi internal ph meter yang terdapat pada alat pastikan  secara berkala  setiap harinya sebelum digunakan, atau jika pH meter digunakan secara continue 24 jam lakukan pada interval 8 jam (atau setiap shift).

  1. Penyimpangan Elektrode pH meter

Jika pH meter tidak digunakan, Ujung elektrode harus kita kondisikan dalam kondisi tetap basah dan direndam dalam larutan elektrolit KCl 3 M untuk mencegah larutan reference terdifusi keluar. Meskipun tidak digunakan, cek secara berkala kalibrasinya dengan cara yang sama seperti di atas.Setelah digunakan, pastikan elektrode bersih dari bahan yang telah diperiksa pHnya.Pastikan alat pHmeter dalam kondisi bersih dan kering setelah digunakan.Untuk menghindari kerusakan karena kesalahan pemakaian, ikuti manualnya apabila akan menggunakan.Pastikan alat dalam keadaan “off” setelah digunakan.

 

  1. Perawatan Elektroda pH meter

Secara rutin misalnya 1 bulan sekali, elektrode harus dibersihkan dengan menggunakan larutan pencuci, ada beberapa brand yang menjual cleaning solution khusus untuk elektrode pH meter ini. Untuk reference solution yang ada di elektroda juga diperlukan penggantian secara berkala, pastikan kita mempunyai stock untuk reference solution tersebut.

 

 

Sumber :

http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._KIMIA/196802161994022-SOJA_SITI_FATIMAH/Kuliah_teklab_Kalibrasi/Kalibrasi_pH_meter.pdf

http://trainingkalibrasi.net/cara-merawat-elektroda-ph-meter.html

BAGIKAN
Berita sebelumyaMengenal Centrifuge
Berita berikutnyaPengukuran lithium dalam mineral
Maja Bintang Indonesia is managed by professionals with experience since 1997 in trading as well as Laboratory equipment and provide the product and service in Government and Private Company.