Pengetahuan Pengunaan Campuran Asam untuk Microwave Digestion

0
2262

 

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang beberapa asam dan basa yang sering digunakan sebagai pelarut microwave digestion, artikel ini kembali membahas tentang  pelarut yang sering digunakan untuk  microwave digestion.  Selain asam  maupun basa yang digunakan sebagai pelarut microwave digestion, sering kali  kombinasi campuran asam kuat  digunakan sebagai pelarut microwave digestion.  Berikut contohnya  :

Kombinasi campuran asam  nitrat pekat dan hydrogen peroksida

HNO3+ H2O2  (5 :1)

Aplikasi :

Sampel kosmetik, lemak, tanaman dan jaringan hewan ; dapat juga digunakan untuk sampel  produk minyak bumi

 

Kombinasi campuran  asam nitrat pekat dan asam sulfat pekatHNO3 + H2SO4 (3:2 / 1:1) HNO3  merupakan oksidator kuat  yang memiliki titik didih yang  relative rendah,  reaksi dengan asam sulfat menyebabkan pembentukan  senyawa kompleks sulfat  yang memiliki tingkat dehidrasi dan oksidasi yang kuat.  Penambahan H2O2 membantu reaksi secara  sempurna. Aplikasi : Untuk sampel Polimer, selai, minyak dan bahan organik.

Kombinasai campuran asam nitrat pekat dan asam hidroflouratHNO3 + HF ( 1:5 / 1:1 )Sifat :  Pelarut yang efektif untuk  logam  yang sulit dilarutkan dan  untuk bahan silikon  tingkat kualitas yang tinggi.Aplikasi:Untuk melarutkan titanium metalik, niobium, zirkonium, hafnium, tungsten. dapat digunakan juga  untuk menguraikan timah dan alloy, borida, bijih tungsten, silikat, lava,  dan bagian tumbuhan  yang  mengandung unsur silikon yang tinggi.

Kombinasi campuran  asam nitrat pekat, asam klorida pekat dan asam hidroflouratHNO3 + HCl + HF (  5:15:3 / 10:3:2 )Aplikasi:Untuk sampel logam alloy, batuan, silikat, abu batubara, limbah tanah,air pendingin, fiberglass, kaolin, zeolit ​​dan keramik dll. Kombinasi campuran  asam sulfat pekat dan asam fosfat pekatH2SO4 + H3PO4 ( 1:1/ 2:3 ) Gunakan pelarut ini  dengan hati hati,  pelarut dapat menghasilkan  suhu yang sangat tinggi di bawah kondisi tekanan rendah, penambahan H3PO4 membantu  reaksi pelarutan secara sempurna.  Aplikasi : alumina,kromit dan  keramik yang mengandung unsur  Al  yang tinggi dll.

 

Sumber  : http://www.sineomicrowave.com/ (Appication book Sineo Microwave Digestion).