Seberapa Penting Bottle Dispenser Untuk Laboratorium Anda?

0
1870
Berbicara tentang Keselamatan dalam laboratorium,  merupakan sesuatu yang penting dan perlu diperhatikan. Keselamatan di laboratorium akan berjalan baik jika faktor faktor seperti human, laboratorium, peralatan, dan bahan kimia sesuai standar.Untuk faktor bahan kimia, maka penting untuk menyimpan bahan kimia secara tepat dan bila bahan kimia akan digunakan maka hindari terjadinya tumpahan ataupun ceceran.Terjadi kecelakaan dikarenakan adanya tumpahan ataupun tercecernya bahan kimia ketika menuangkan ke wadah, hal ini akan memungkin berbahaya bagi kesehatan pegawai (human) laboratorium.  oleh karena itu untuk mengurangi atau menghindari terjadinya hal tersebut maka direkomendasikan untuk menggunakan bottle dispenser. Apa itu bottle dispenser dan mengapa penting laboratorium anda ?Apa itu bottle dispenser ?

Bottle  Dispenser laboratorium merupakan sarana/alat sederhana untuk menyimpan dan mengeluarkan jumlah volume tertentu cairan atau bahan kimia di laboratorium dengan aman dan tepat tanpa kontaminasi atau tercecer (limbah). Alat  ini dapat dioperasikan secara manual, diatur secara otomatis, atau dikendalikan komputer untuk penelitian yang lebih rumit.

Mengapa penting untuk laboratorium anda?

Sebagian besar penelitian/ analisis bergantung pada transfer volume cairan atau sampel yang diukur dan biasanya sering digunakan berulang kali dalam waktu yang singkat, maka penting menggunakan bottle dispenser untuk mengefesiensikan waktu dan akurat.

Selain itu seringnya menuangkan bahan kimia untuk analisis, maka kemungkinan  besar kontaminasi terjadi di setiap kali botol dibuka dan hal ini   menyebabkan salah satu factor pemborosan bahan kimia.

Penggunaan dispenser membantu mengeluarkan sejumlah volume sampel  ke dalam nampan, bejana, microplate, atau sentrifugal, tanpa kontak  bahan kimia dengan human.Dispenser  juga digunakan sebagai pengganti untuk menuangkan bahan kimia secara lebih akurat dan membantu mengurangi limbah. Maka penting menggunakan bottle dispenser untuk menghindari terjadinya  tumpahan atau ceceran bahan kimia.